Pages


counters Cool Blue Outer Glow Pointer
Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 13 Juli 2014

Sejarah Singkat SMK Negeri 1 Kedawung


LAMBANG TERDAHULU


SMK Negeri 1 Kedawung awalnya bernama SMEA Negeri 1 Cirebon. Berdasarkan pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia tertanggal 1 Agustus 1959 pada masa itu secara resmi SMEA Negeri 1 Cirebon didirikan, dengan menempati gedung sementara milik Koperasi Batik Budi Tresna.

Pada tanggal 21 Juli 1968, Koperasi Batik Budi Tresna Cirebon menyerahkan (menghibahkan) gedung yang ditempati SMEA Negeri1 Cirebon kepada Pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan, yang selanjutnya menjadi gedung resmi milik SMEA Negeri 1 Cirebon hingga kini


Gedung yang diserahkan pada saat itu terdiri dari :
  • 7  R. Kelas
  • 1  R. Kepala Sekolah
  • 1  R. Tata Usaha
  • 1. R. Penjaga Sekolah
  • 1  Kamar Kecil (toilet)


Pada tahun 1996 diterbitkan Peraturan Menteri Pendidikan yang mengatur tentang perubahan nama lembaga pendidikan di jenjang SLTA, salah satunya adalah SMEA, SMKK dan STM  dan sekolah kejuruan lainnya menjadi SMK. Maka pada tahun 1997, SMEA Negeri 1 Cirebon berubah menjadi SMK Negeri 3 Kota Cirebon, namun karena terjadi kesalah domisili sekolah yang tercatat di Kota Cirebon sedangkan wilayahnya menjadi milik Kabupaten Cirebon, oleh karenanya beberapa bulan kemudian berubah namanya menjadi SMK Negeri 1 Cirebon Barat.
Setelah adanya perubahan system pemerintah dari sentralisasi menjadi desentralisasi (Otonomi Daerah) pada tahun 2000 dan terjadi pemekaran Kecamatan Cirebon Barat, maka berdasarkan Surat Keputusan Bupati Cirebon No. 420/Kep.330 Disdik/2005 tertanggal 4 Juli 2005, SMK Negeri 1 Cirebon Barat diubah menjadi SMK Negeri 1 Kedawung hingga sekarang.

LAMBANG TERKINI

Catatan : Lambang Almamater SMK NEGERI 1 KEDAWUNG berubah terhitung sejak tahun ajaran baru 2012/2013 karena lambang yang terdahulu dianggap tidak memiliki arti/filosofis yang sejalan dengan visi misi sekolah pada saat ini.

Sumber : smkn1-kedawung.sch.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar