Pages


counters Cool Blue Outer Glow Pointer
Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 15 November 2014

Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid ( Niat dan Tata Caranya )

Pengertian Shalat Tahiyatul Masjid

Shalat Tahiyatul Masjid adalah shalat penghormatan kepada masjid. Sebab masjid adalah tempat untuk beribadah kepada Allah baik siang maupun malam. Untuk itu di anjurkan memberikan penghormatan dengan melakukan shalat tahiyatul masjid.


Sholat Tahiyatul Masjid
Hukum shalat sunnah tahiyatul masjid
Hukum shalat sunnah tahiyatul masjid adalah sunnah muakkad. Bahkan pada waktu khutbah jum'at shalat tersebut masih dilanjutkan untuk dikerjakan.

Waktu mengerjakannya

Shalat sunnah tahiyatul masjid di kerjakan pada setiap waktu ketika seseorang masuk masjid dan ingin duduk di dalamnya. Termasuk di dalamnya waktu waktu yang terlarang untuk shalat. Menurut pendapat yang paling kuat di kalangan ulama. Ini adalah pendapat Imam Syafi'i dan lainnya,  yang dikuatkan juga oleh Ibnu Taimiyah.

Cara mengerjakannya

Cara mengerjakan shalat sunnah tahiyatul masjid sama seperti mengerjakan shalat sunnah lainnya hanya niatnya yang berbeda.

Niat shalat sunnah tahiyatul masjid


"Saya niat shalat sunnah tahiyatul masjid dua rakaat karena allah ta'ala."

Jumlah rakaat shalat sunnah tahiyatul masjid

Shalat sunnah tahiyatul masjid itu 2 rakaat bagi siapa saja yang masuk masjid dan mau duduk di dalamnya.

Anjuran mengerjakannya

Dari Abu Qatadah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda.

"Jika salah seorang dari kalian. Masuk masjid , maka hendaklah dia shalat dua rakaat sebelum duduk. " ( Hr Al bukhari dan Muslim)

Dari jJbir bin Abdullah Ra , dia berkata bahwa Sulaik Al Ghatafani datang pada hari jumat , Sementara  Rasulullah SAW sedang berkhutbah , dia pun duduk, 
Maka beliau bertanya. 

" Wahai Sulaik, Bangun dan sholat sunah 2 rakaat kerjakanlah dengan ringan."
Kemudian beliau bersabda.
"Jika salah seorang dari kalian datang pada hari jumat imam sedang berkhutbah, maka hendaklah ia shalat dua rakaat dan hendaknya dia mengerjakannya dengan ringan." (HR Muslim )

Hikmah disyariatkan shalat tahiyatul masjid


Tahiyatul masjid tergolong sebagai penghormatan terhadap masjid. Seolah memberi ucapan salam ketika masuk ke suatu tempat sebagaimana orang yang memberi salam kepada sahabatnya ketika bertemu.

Imam an nawawi berkata bahwa sebagian yang lain mengibaratkannya dengan memberi. Salam kepada pemilik masjid. Karena maksud dilakukannya shalat tahiyatul masjid adalah mendekatkan diri kepada Allah bukan kepada masjid. Sebab seseorang yang masuk ke rumah orang lain yang diberi salam adalah pemilik bukan rumahnya.


Doa masuk dan keluar masjid


Tidak ada komentar:

Posting Komentar